Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Zulkifli Hasan, Keluar PNS Untuk Jadi Pengusaha Sukses

  • Share
Zulkifli-Hasan
Zulkifli-Hasan
Zulkifli-Hasan
Zulkifli-Hasan

Zulkifli-Hasan – Politikus yang aktif di Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga dikenal sebagai seorang pengusaha, sebelumnya ia adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bermula dari kegelisahan Zulkifli terhadap gaji yang diterima, menurutnya kurang memuaskan maka dengan kepercayaan diri dan berkat dorongan dari sang ayah, ia memutuskan untuk terjun berwirausaha.

Bapak 4 anak ini teringat akan nasihat ayahnya yang mengatakan bahwa bila ingin menjadi orang, jadilah kepala walaupun kecil bukan menjadi ekor (follower). Rupaya nasihat itu terekam kuat dalam ingatan pria yang memiliki nama lengkap H. Zulkifli Hasan, SE, MM. Dan sejak saat itu ia nekad meninggalkan profesinya sebagai PNS, akibat keputusannya tersebut banyak orang yang menganggapnya gila.

Akan tetapi ia telah bertekad untuk memperoleh pendapatan yang lebih besar dari gaji sebagai PNS. Zulkifli juga merasa sudah siap dengan bekal yang ia peroleh sejak masih duduk di bangku SMA sebagai pembisnis, jadi tak ada lagi keraguan untuk keluar. Terbukti kini zul menjabat sebagai Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari.

Lahir di Lampung, tepatnya di Desa Pisang, Penengahan, Lampung Selatan, pada tanggal 17 Mei 1962 ini menyelesaikan sekolah dasarnya di SDN Penengahan Lampung Selatan (1975). Pada usia 13 tahun setelah lulus sekolah dasar, ia meninggalkan desa kelahirannya dengan ditemani oleh sang ayah menuju Tanjung Karang. Kota yang merupakan tujuan Zulkifli untuk melanjutkan pendidikannya, tujuan mereka adalah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Empat Tahun, sekolah tersebut merupakan pilihan sang ayah.

Setelah masuk Zulkifli belajar di sekolah tersebut dan tinggal sendiri (kost). Sang ayah ingin Zulkifli menjadi seperti Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka, adalah seorang ulama yang dikagumi oleh sang ayah, akan tetapi zul tidak tertarik untuk menjadi seorang ustadz dan ia juga merasa bahwa cara pembelajaran di sekolah tersebut terlalu monoton. Akhirnya Zulkifli memutuskan untuk pindah ke sekolah umum dan diterima di SMAN Tanjungkarang setelah lulus dengan mengikuti ujian Madrasah Tsanawiah.

Wajar saja keputusan itu membuat sang ayah naik darah sehingga melarang Zulkifli bersekolah, sebab hal tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan sang ayah dan baru menerima info setelah 4 bulan berselang. Kejadian itu membuat Zulkifli nekad merantau ke jakarta kemudian masuk SMAN 53. Jauh dari orang tua membuatnya menjadi kreatif, Zulkifli mulai belajar mengasah insting dalam berbisnis dengan cara menjual barang dagangan orang lain. Kegiatan tersebut dilakoni hingga ia melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana pada 1996 dan menyelesaikan S2 di Sekolah Tinggi Manajemen PPM pada tahun 2003.

Salah satu putra terbaik Lampung semasa kuliah ia memanfaatkan waktu luangnya untuk lebih mengenal dunia politik, ketika itu ia bergabung dengan partai amanat nasional seiring perjalannya kemudian Zulkifli diberi kepercayaan pada posisi penting diantaranya sebagai Sekjen PAN 20005 – 2009, ketua Fraksi PAN di DPR, pernah juga diamanahi untuk menjadi ketua Pansus Hak Angket kenaikan harga BBM di DPR.

Putra dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab sejak sejak 22 oktober 2009 menjabat sebagai Menteri Kehutanan Indonesia (MENHUT), menggantikan menteri sebelumnya yaitu Malam Sambat Kaban.

zulkifli-hasan
zulkifli-hasan

Ketika menjabat, Zulkifli pernah menolak dana asing untuk upaya konservasi badak. Zul menjelaskan bahwa bukan berarti pemerintah kurang memperhatikan permasalahan kelestarian spesies yang terancam punah versi IUCN (International Union for Conservation of Nature, IUCN) meski alokasi dana kenservasi terbatas.

Hubungan suami Soraya, S.Psi. dengan mantan Ketua MPR dan mantan Ketua PAN Amien Rais semakin erat setelah menikahkan putri pertamanya Futri Zulya Safitri dengan putra ketiga Amien Rais bernama Ahmad Mumtaz Rais pada 8 Oktober 2011. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ditemani Ibu Ani Yudhoyono menjadi saksi pada pernikahan tersebut.

Zulkifli ditempatkan oleh Institute Survei Indonesia (INSIS) sebagai tokoh muda Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki potensi bakal calon presiden 2014.sementara akseptabilitas Zulkifli Hasan masih berada di bawah Priyo Budi Santoso dari Golkar, Pramono Anung dari PDI Perjuangan, dan Hidayat Nur Wahid dari PKS. Tetapi Zulkifli Hasan masih unggul dibanding politisi muda PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *