Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Wapres Ma’ruf Ingatkan Esensi Idul Adha sebagai Momen Saling Berbagi Antar Sesama

  • Share
Wapres Ma'ruf Ingatkan Esensi Idul Adha sebagai Momen Saling Berbagi Antar Sesama

Suara.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa esensi dari berkurban pada Hari Raya Idul Adha ialah semangat membantu sesame. Terutama bagi yang membutuhkan.

“Esensi dari semangat kurban sebenarnya bukan hanya sekedar berkurban kambing atau sapi, akan tetapi semangat untuk membantu sesama. Terutama bagi mereka yang membutuhkan,” kata Wapres Ma’ruf dalam tayangan video yang dikutip Suara.com, Senin (19/7/2021) malam.

Wapre Ma’ruf menerangkan kalau bentuk kurban itu berupa apa saja sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemampuan yang dimiliki. Karena itu menurutnya semangat berkurban juga tidak hanya diluapkan pada saat Idul Adha saja.

“Idul Adha hakikatnya adalah momen untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya melakukan kurban untuk membantu sesama,” tegasnya.

Baca Juga:
Libur Idul Adha 2021, Ini Ketentuan Perjalanan dari Kementerian Perhubungan

Terlebih saat ini banyak masyarakat yang terdampak akibat hantaman pandemi COVID-19.

Mulai dari kehilangan pekerjaan, kemiskinan, hingga ancaman kesehatan.

“Berkurban untuk membantu sesama dalam suasana pandemi COVID-19 juga harus dilandasi dengan keikhlasan, tanpa mengharapkan imbalan apapun kecuali mengharapkan keridhaan Allah SWT,” tuturnya.

Lebih jauh, menurutnya dalam situasi pandemi sekarang ini, menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas, tidak keluar rumah apabila tidak mendesak), serta mengikuti vaksinasi juga merupakan wujud pengorbanan dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain.

“Lonjakan kasus COVID-19 yang kembali tinggi di Indonesia tercinta ini harus menjadi pendorong bagi kita untuk semakin bersemangat berkurban dengan penuh keikhlasan untuk mengatasi pandemi, sambil bertawakal kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Baca Juga:
Idul Adha di Tengah Pandemi, Wapres Ma’ruf Ajak Warga Tingkatkan Kesabaran

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat berpidato dalam acara Takbir Akbar Virtual menyambut Hari Raya Idul Adha, Senin (19/7/2021) malam. [YouTube Sekretariat Presiden]

Karena itu, Wapres Ma’ruf berharap perayaan Idul Adha kali ini menjadi momentum untuk menghidupkan semangat berkurban demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *