Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Selain Harimau, Pengelola TMR Pastikan Tak Ada Lagi Satwa Terpapar Covid-19 : Okezone Megapolitan

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 08 01 338 2449205 selain-harimau-pengelola-tmr-pastikan-tak-ada-lagi-satwa-terpapar-covid-19-1OIZ20376j.jpg

JAKARTA – Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Dokter Hewan Endah Rumiyati menegaskan tidak ada satwa lain selain dua harimau Hari dan Tino yang menunjukkan gejala Covid-19.

“Selain harimau Hari dan Tino tidak ada satwa di dalam TMR ini yang menunjukkan gejala Covid jadi hanya harimau Hari dan Tino,” kata Endah saat jumpa pers di depan kandang eksibit harimau, Minggu (1/8/2021).

Endah menambahkan bahwa kawasan TMR ditutup sejak tanggal 22 Juni 2021 dan tidak ada tamu. Ia pun melakukan tracing terhadap perawat satwa tersebut hasilnya negatif.

Baca juga: 2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

“Di kami kan memang ditutup pada tanggal 22 Juni jadi memang tidak ada tamu, deteksi ini muncul kita juga sudah melihat kondisi perawat tidak ada yang memiliki gejala klinis ke arah sakit memang sampai saat ini kami akan Tracing karena memang tidak ada perawat kami yang menunjukkan sakit, tapi kami tidak menutup kemungkinan memang kalau OTG jadi kami tetap Tracing,” terangnya.

Lebih lanjut, Endah melakukan test disebabkan harimau ini memiliki gejala klinis sakit. Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan mengecek seluruh satwa.

Baca juga: Anies Jenguk 2 Harimau Sumatera yang Terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan

“Jadi kami melakukan test ini karena harimau ini memiliki gejala klinis sakit, kami tidak melakukan test untuk satwa yang tidak menunjukkan klinis sakit tetapi mungkin ke depan tidak menutup kemungkinan apabila kami ingin mengecek semua satwa ke depan kami akan coba kita fikirkan agar kita lebih tahu,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kembali situasi dua harimau yang terinfeksi Covid-19 itu. Ia pun memastikan bahwa keduanya telah sembuh dari virus tersebut.

“Warga Jakarta yaitu Hari dan Tino sudah menunjukan tanda tanda kesembuhan. Hari itu berusia 12 tahun, Tino berusia 9 tahun mereka ayah dan anak dari harimau Sumatera yang berada di TMR,” ucap Anies.

Baca juga: Sempat Terinfeksi Covid-19, 2 Harimau Sumatera di Ragunan Dinyatakan Telah Sehat

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *