Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 Tahun

  • Share
Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 Tahun


Malang

Kalau ada di kota Malang wajib nyate di Sate Ayam Ponorogo Siboen. Kelezatan racikan sate ayam di sini sudah terbukti sejak 82 tahun lalu.

Seperti soto ayam, hampir tiap kota punya sate ayam yang khas dan unik. Salah satunya sate ayam Ponorogo Sate Ayam Ponorogo Siboen yang menawarkan bumbu gurih manis dan daging ayam empuk berbumbu.

Sate Ayam Ponorogo Siboen merupakan salah satu warung sate yang terkenal di Malang. Warung sate ini terletak di Jl. Kawi Atas No. 27, Malang.

Pemilik usaha ini, Pak Mulyadi (65) mengungkapkan bahwa usaha keluarga ini didirikan oleh kakeknya, Pak Siboen, sejak tahun 1939. Kemudian usaha tersebut diteruskan hingga generasi ketiganya dengan membuka warung di Kediri pada tahun 1990-an. Setelah itu bersama dengan istrinya, Pak Mulyadi membuka cabang di Malang.

Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 Tahun Foto: Luthfi Baihaqy/detikcom

Di tempat ini hanya tersedia satu varian menu khusus yaitu sate ayam khas Ponorogo. Perbedaan sate Ponorogo dengan sate ayam lainnya terletak pada dagingnya tidak dipotong bentuk dadu melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet sehingga dagingnya terasa lebih empuk.

Kemudian daging sate Ponorogo juga direndam dengan bumbu khusus agar rempah-rempah meresap ke dalam daging. Disamping itu bumbunya berwarna lebih pucat. Berbeda dengan sate Madura yang berwarna cokelat gelap karena menggunakan petis.

Pak Mulyadi mengungkapkan bahwa sate ayam miliknya berbeda dengan sate-sate lainnya, memiliki khas tersendiri mulai dari model tusukannya hingga cita rasa dari bumbunya.

“Beda yaa, di sini khas, dari model tusukannya, bumbunya juga beda. Kayak lombok (cabai), ada yang ijo langsung dibuang, kacang juga (memilih) yang besar-besar, pokoknya memperhatikan banget kualitas dari bahan yang digunakan,” ungkap Pak Mulyadi kepada detikcom (05/04) saat mengunjungi tempat ini.

Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 TahunSate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 Tahun Foto: Luthfi Baihaqy/detikcom

Sate ayam dibakar saat dipesan, disajikan dalam 1 porsi berisi 10 tusuk sate dan saus kacang yang hampir meluber memenuhi pinggir piring. Diberi pelengkap potongan bawang merah yang membuat tampilan dari sate makin cantik. Aroma gurihnya tercium harum dari sate yang hangat mengepul.

Potongan dari daging ayam panjang dan tipis terasa empuk di setiap gigitannya. Rempah bumbunya terasa meresap ke serat daging. Menyatu enak dengan saus kacangnya yang khas.

Saus kacang yang digunakan disini juga berwarna lebih muda dari bumbu kacang pada umumnya. Rasa manis gurih kacangnya terasa kuat. Ditambah bakaran daging ayam yang terasa renyah di bagian luar.

Sebagai pelengkap dapat memesan lontong atau nasi. Pak Mulyadi juga menjelaskan lontong punel yang diolahnya memiliki rasa yang lebih nikmat karena dibungkus menggunakan daun pisang pilihan serta memiliki tekstur dan cita rasa yang lebih lembut.

Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 TahunSate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 Tahun Foto: Luthfi Baihaqy/detikcom

Sate Ayam Ponorogo Siboen memiliki tempat produksi tersendiri untuk mengolah daging ayam. Rahasia kelezatan sate ayam di sini karena menggunakan Dalam sehari warung ini dapat mengolah 5 hingga 10 ekor ayam untuk dibuat sate.

Jika biasanya dalam setusuk sate ayam berisi potongan daging ayam dan diselingi lemak. Di sini pelanggan dapat memilih varian dari sate ayam yang tersedia, mulai dari bagian dada, paha, kulit, ampela, hati, usus, atau campur.

Dalam melayani pelanggan Pak Mulyadi dibantu oleh istrinya, Bu Eni, serta sekitar 8 orang pegawai. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Sate Ayam Ponorogo Siboen juga dapat dipesan melalui layanan pemesanan makanan online.

Menurut Pak Mulyadi Sate Ayam Ponorogo Siboen ramai saat akhir pekan dan saat momen liburan atau lebaran. Banyak pengunjung dari luar kota yang datang ke tempat ini untuk menikmati lezatnya cita rasa Sate Ayam Ponorogo Siboen yang legendaris.

(adr/odi)




Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *