Menu
Suara Masyarakat Indonesia

RI Buat Pesawat Amfibi Karya Anak Bangsa, Ini Penampakannya!

  • Share
RI Buat Pesawat Amfibi Karya Anak Bangsa, Ini Penampakannya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia mengembangkan pesawat amfibi karya anak bangsa. Bahkan pesawat ini menjadi prioritas di riset nasional.

Hal ini diungkapkan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, melalui instagramnya. Pesawat N219 yang dikembangkan PT Dirgantara Indonesia menjadi prioritas.


Indonesia dikenal sebagai salah satunegara kepulauan terbesar  di dunia. Selain negara kepulauan, Indonesia disebut juga negara maritim. Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia,” tulisnya, dikutip Kamis (8/4/2021).

“#Rabu Inovasi kali ini akan membahas salah satu #InovasiIndonesia yang berperan dalam mewujudkan potensi tersebut dan masuk ke dalam prioritas riset nasional adalah Pesawat N219A.”

Ia pun membangikan penampakan dari pesawat tersebut:

Foto: Pesawat N219 Amfibi (Tangkapan Layar via instagram @bambangbrodjonegoro)
Pesawat N219 Amfibi (Tangkapan Layar via instagram @bambangbrodjonegoro)

Pesawat N219 adalah kerja sama antara PT DI dan LAPAN. Selain Kementerian Riset dan Teknologi, sejumlah lembaga juga terlibat yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Bappenas hingga BPPT.

Pesawat ini memiliki kemampuan untuk mendarat dan juga lkepas landas di perairan dengan ketinggian maksimum ombak 0,3 meter. Ini memungkinkan melayani penerbangan pendek menuju daerah perairan yang sulit dijangkau.

Pesawat ini difungsikan untuk berbagai keperluan. Seperti pesawat penumpang, kargo, charter industri lepas pantai, SAR dan bencana hingga kesehatan.

Pesawat juga diharap bisa berguna bagi pariwisata. Mendekatkan turis dengan daerah wisata sungai dan pulau terpencil.

Perkembangan desain N219A sudah mencapai 90%. Targetnya uji terbang dilakukan 2023.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *