Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Pulihkan UMKM Bali, Kemendikbud Gelar Kelas Vokasi

  • Share
Pulihkan UMKM Bali, Kemendikbud Gelar Kelas Vokasi

Denpasar, CNBC Indonesia – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) melalui Direktorat Mitras Dudi menggelar kelas offline bertema “Buka Mata Vokasi Pariwisata”.

Bertempat di Kabupaten Badung, Bali, Mitras Dudi mengajak para pelaku UMKM dan Pendidik generasi vokasi untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kemampuan agar dapat berkontribusi bagi pemulihan pariwisata di Bali.

Kelas vokasi ini digelar selama dua hari berturut-turut pada 6-7 April 2021. Pada hari pertama, sekitar 50 peserta terpilih selaku penggiat UMKM yang hadir secara langsung dalam acara ini telah mengikuti rapid antigen test dan telah menjalani protokol kesehatan yang ketat.


Kelas dimulai dengan sambutan Kasubag TU Setditjen Vokasi, Yudil Chatim yang menekankan bahwa perlu ada kolaborasi antara masyarakat dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk mewujudkan pariwisata Bali agar bisa segera pulih.

“Hal ini membuat kita harus berinovasi lebih lagi untuk menyiasati pandemi yang saat ini masih berlangsung,” ujarnya di The Anvaya Beach Resort Bali, Selasa, (6/4/2021).

“Pendidikan vokasi ini dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan industri khususnya pariwisata di tengah pandemi dan juga pesatnya perkembangan teknologi. Dunia Usaha, Dunia Industri kian membutuhkan sumber daya manusia yang menguasai keahlian di bidangnya,” lanjutnya.

Turut bergabung secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang mengajak masyarakat melakukan lompatan besar dengan memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi.

“Banyak solusi muncul untuk meningkatkan sektor ekonomi di tengah masa kenormalan baru. Salah satunya melalui kolaborasi, mengambil peluang pasca pandemi. Banyak produk lokal yang berdaya saing global, kita harus mereposisi bukan hanya sebagai pasar, tapi juga menjadi produsen produk-produk yang dikonsumsi oleh rakyat Indonesia,” paparnya.

Selain itu Sandiaga juga mengajak masyarakat selalu optimis dan menebar harapan agar pariwisata dan ekonomi kreatif segera bangkit kembali. Dia juga berujar agar pariwisata bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sebesar-besarnya.

Kelas vokasi dilanjutkan dengan diskusi yang diisi oleh orang-orang yang berasal dari pemilik usaha yang sukses menjalankan bisnisnya di Bali. Mereka membagikan inovasi dan berbagai strategi yang dilakukan agar bisa bertahan di masa pandemi.

Narasumber diskusi dan sesi tanya jawab dengan peserta diisi oleh I Gusti Ngurah Anom, Owner dari Krisna Holding Company dan Mulyati Gozali sebagai President Director & Founder Sababay pada sesi I. Kemudian pada sesi II dilanjutkan dengan Ni Kadek Eka, selaku founder Bali Alus, I Gede Sudiarta, Manager Operasional Pie Susu Dhian, dan Billy Hartono Salim yang merupakan Founder & CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk.

[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *