Menu
Suara Masyarakat Indonesia

PPKM Darurat Ketat, Netizen Beli Makanan Kayak Beli Narkoba

  • Share
PPKM Darurat Ketat, Netizen Beli Makanan Kayak Beli Narkoba


Jakarta

PPKM darurat yang berlaku di beberapa daerah di Indonesia sangat ketat diawasi. Bahkan membeli makan saja sulit, netizen menyamakan beli makanan serasa beli narkoba.

Peraturan pemerintah soal PPKM darurat juga berlaku untuk tempat makan. Saat ini seluruh tempat makan tidak diperkenankan melayani pembeli yang makan di tempat. Bahkan jam operasionalnya pun dibatasi.

Demi mengikuti aturan pemerintah, banyak warung makan yang ‘sembunyi’ agar tetap bisa berjualan. Misalnya dengan menutup sebagian pintu warung. Akhirnya, antara pembeli dan penjual pun bertransaksi secara sembunyi-sembunyi.

PPKM Super Ketat, Netizen Beli Makan Kayak Beli Narkoba Foto: tiktok @0,001%

Seperti pengalaman yang dibagikan pemilik akun tiktok @0,001% ketika membeli makanan di warung. Lewat sebuah video, netizen bernama Irham ini menunjukkan caranya membeli makanan.

Dengan cara tak biasa, Irham menyamakan membeli makanan sekarang mirip seperti membeli narkoba. Hal ini karena dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

“Tolong lah, pemerintah ini. Kita mau makan ini. Mau makan kayak mau beli apaan tau. Kayak mau beli narkoba. Kita saut-sautan sama pedagangnya di dalem. A sabu ada?” kata Irham dalam videonya.

Di sini juga ia menunjukkan suasana warung yang tertutup sebagian oleh rolling door. Video yang diunggah pada 10 Juli lalu ini sudah disaksikan lebih dari 6 juta kali. Ribuan netizen pun ikut berkomentar. Banyak juga yang ternyata mengeluh soal sulitnya membeli makanan.

“Iya ini gua anak kos yang merantau jauh dari ortu, gak ada makan, nanggis gua,” kata netizen.

“Haha kayak kemaren sore gw makan di warung pecel lele.. ngumpet2 sampe mojok dipojokan bia gak keliatan,” sahut netizen lain.

“Ettt pinter dah lu bang pake dimasukkin tiktok. Tar kalo dia didatengin polisi begimane?” kata netizen.

Detikcom (12/7) mencoba menghubungi Irham. Ia membenarkan video yang dibuat dan diunggah lewat tiktok ini. Irham yang tinggal di Purwokerto ini mengaku kesulitan membeli makanan saat malam hari.

“Di Purwokerto, tepatnya di warmindo karang jambu, purwokerto utara,” kata Irham.

PPKM Super Ketat, Netizen Beli Makan Kayak Beli NarkobaPPKM Super Ketat, Netizen Beli Makan Kayak Beli Narkoba Foto: tiktok @0,001%

Melihat warung yang hanya membuka sebagian pintunya ini, Irham mengaku spontan merekam video. “Sebenernya gw spontan aja sih, karna ketutup roling door kan gabisa liat penjualnya juga. Kalo pembeli yg lain si kurang tau karna disana juga sepi saat itu,” jelas Irham.

Dalam video lanjutannya, Irham menunjukkan warung tempatnya membeli makanan. Kini warung tersebut dalam keadaan buka namun tetap mengikuti prokes dengan menjaga jarak antara pengunjung dan hanya melayani pembelian takeaway.

Simak Video “Strategi ‘Perang’ Pengusaha F&B Selama PPKM Jawa-Bali
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *