Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Pelajaran Sejarah Asia-Amerika Resmi Diajarkan di Sekolah di AS : Okezone News

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 07 14 18 2440532 pelajaran-sejarah-asia-amerika-resmi-diajarkan-di-sekolah-di-as-7Wdic3Tju6.jpg

IILINOISIllinois menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) pertama yang mewajibkan pengajaran sejarah Asia-Amerika di sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah.

Serangan terhadap orang Amerika keturunan Asia telah meningkat sejak awal pandemi, dan pejabat negara mengatakan undang-undang tersebut akan memerangi stereotip dan kefanatikan yang salah.

Sekolah akan diminta untuk mengajarkan tentang kontribusi komunitas Asia-Amerika terhadap perkembangan AS, serta sejarah hak-hak sipil.

Mandat baru tersebut akan mulai berlaku pada tahun ajaran 2022-2023.

“Kami menetapkan standar baru untuk apa artinya benar-benar memperhitungkan sejarah kami,” kata Gubernur Demokrat JB Pritzker pada Jumat (9/7) setelah menandatangani RUU itu menjadi undang-undang.

(Baca juga: India Terancam Covid-19 Gelombang Ketiga Usai Warga Berbondong-bondong Penuhi Tempat Wisata)

“Ini adalah standar baru yang membantu kami memahami satu sama lain,” lanjutnya.

Dia menjelaskan siswa tahun depan akan belajar bagaimana orang AS keturunan Asia terlibat dengan perkembangan ekonomi, budaya, sosial dan politik AS, serta sejarah orang Amerika keturunan Asia di Illinois dan Midwest, khususnya.

Sekolah-sekolah di Illinois harus menambahkan satu unit pada materi ini untuk siswa sekolah dasar dan menengah, meskipun beberapa ahli mengatakan tanpa menyediakan sumber daya yang memadai bagi para guru, tidak jelas seberapa besar dampak tindakan itu secara keseluruhan.

Dukungan untuk Teaching Equitable Asian American History Act memperoleh daya tarik setelah penembakan massal awal tahun ini. Pada Maret lalu, delapan orang, termasuk enam wanita Asia, tewas di dua spa Atlanta, Georgia. Lalu pada April lalu, empat anggota komunitas Sikh ditembak mati di sebuah toko FedEx di Indianapolis, Indiana.

(Baca juga: Kisah Anak Indonesia Terima Warisan Rp8 Miliar dari Ayah di Inggris)

Ellen Wu, seorang profesor sejarah dan studi Asia-Amerika di Indiana University, memuji Illinois karena “menetapkan standar baru” dalam pendidikan.

“Seperti yang diketahui siapa pun yang mengajar, memperkenalkan materi baru ke dalam kurikulum membutuhkan upaya yang signifikan untuk membuat semua bagian itu cocok satu sama lain,” katanya kepada BBC.

“Saya berharap bahwa saat rencana tersebut diluncurkan, instruktur akan dapat mengakses apa yang mereka butuhkan untuk pelajaran yang efektif,” tambahnya.

Tahun lalu, kelompok advokasi Stop AAPI Hate mengatakan telah menerima lebih dari 2.800 laporan tentang insiden kebencian yang ditujukan pada warga Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik secara nasional, meskipun sulit untuk menentukan jumlah pasti dari serangan semacam itu.

Para advokat mengatakan insiden ini adalah kejahatan rasial terkait dengan retorika yang menyalahkan orang-orang Asia atas penyebaran Covid-19.

Undang-undang baru Illinois datang pada saat sejarah rasial AS – dan bagaimana mengajarkannya – juga sedang dalam perdebatan sengit.

Beberapa distrik sekolah telah melakukan upaya serupa untuk merombak studi etnis, meskipun legislator di negara bagian konservatif telah berusaha membatasi pengajaran tentang rasisme dan hak istimewa kulit putih, dengan alasan fokus pada konsep ini memecah belah.

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *