Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California

  • Share
Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California


Jakarta

Membuka restoran Indonesia di luar negeri bukan perkara mudah, namun wanita 75 tahun ini mewujudkannya. Ia mendirikan Medan Kitchen di California.

Berita soal kehadiran restoran Indonesia di luar negeri selalu menarik perhatian warga tanah air. Pasalnya usaha mereka memperkenalkan kuliner Indonesia di negeri orang bukanlah sesuatu yang mudah.

Pemilik restoran Indonesia di luar negeri perlu berupaya agar nama restorannya dikenal dan cita rasa makanannya bisa diterima warga lokal. Seperti yang dilakukan Siu Chen. Ia membuka Medan Kitchen di Rosemead, California, Amerika Serikat.

Dikutip dari Foodbeast (19/7), Chen membuka restoran ini di tengah pandemi Covid-19. Menu andalannya adalah makanan Indonesia rumahan yang ia buat dengan sepenuh hati.

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California Foto: Foodbeast

“Dulu di rumah masak untuk gereja, jadi sekarang ada pandemi Covid-19, nggak bisa masak di rumah, cari tempat restoran untuk bisa masak,” kata Chen mengawali cerita.

Bakat masaknya ternyata sudah ada sejak dulu. “Hobi masak, jadi kalau udah masak, teman-teman senang makan, hati senang,” kata wanita asal Medan ini. Ia membuka restorannya 4 hari seminggu, mulai dari Kamis hingga Minggu.

Di Medan Kitchen ia masak mulai pukul 6 pagi. “Semua masak pagi dulu. Satu hari bisa bikin 30 macam lauk,” ujarnya.

Salah satu menu andalannya adalah lontong sayur Medan. Sayur gurihnya tetap dibuat pedas oleh Chen. Pelengkapnya juga banyak, termasuk telur balado dan keripik kentang.

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di CaliforniaNenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California Foto: Foodbeast

Nasi bungkus berisi nasi kuning dan aneka lauk juga bisa dijumpai di Medan Kitchen. Chen melengkapinya dengan rendang daging, telur balado, ayam goreng, orek tahu tempe, hingga sambal.

Menu lainnya, nasi Padang yang juga dibungkus dengan kertas nasi dan alas daun pisang. Pelengkapnya sayur nangka, ayam gulai, telur balado, rendang sapi, dan kering kentang teri kacang.

Reporter Foodbeast yang mencicipi hidangan di Medan Kitchen terpuaskan dengan cita rasanya. Pada nasi Padang, misalnya, ia menyebut rasanya kompleks namun merupakan kesatuan yang nikmat.

Ia juga mencicipi nasi goreng kampung dan tahu goreng kriuk. Tak ketinggalan nasi langgi dan mie gerobak yang tampilannya menggiurkan, mirip mie ayam kaki lima. Harga menu paket di sini mulai dari USD 10 atau sekitar Rp 145 ribu.

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di CaliforniaNenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California Foto: Foodbeast

Dalam menjalankan Medan Kitchen, Chen dibantu dua anak, dua menantu, dan dua cucunya. “Kalau ngga (dibantu), ngga sanggup juga,” kata Chen.

Semua menu di Medan Kitchen ditempatkan dalam kemasan praktis sehingga bisa langsung dibawa pulang oleh pengunjung. Meski begitu, tersedia area makan kecil di dekat restoran.

Selain lauk tradisional Indonesia, Chen juga menawarkan berbagai produk makanan kemasan khas Indonesia. Ia memanfaatkan area kosong, tepat di sebelah restorannya, untuk dijadikan minimarket.

Sudah hampir setahun Medan Kitchen berdiri. Chen mengaku senang kalau pembelinya memuji cita rasa masakan buatannya. “Mereka telepon, kasih tahu (rasanya) enak, saya senang,” kata Chen.

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di CaliforniaNenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California Foto: Foodbeast

Puas menyantap aneka makanan tradisional, pengunjung Medan Kitchen bisa menutup santapan dengan Es Cendol. Tambahan es batu menyempurnakan rasanya. “Dessert yang sempurna!” komentar reporter Foodbeast.

Unggahan Foodbeast soal Medan Kitchen viral di Facebook. Buktinya saat berita ini dibuat, video sudah ditonton lebih dari 52 ribu kali.

Banyak juga netizen yang memberi komentar positif. “Cerita yang menginspirasi, dan makanannya terlihat enak,” kata seorang netizen. “Lontong sayur paling enak di Amerika Serikat” kata seorang netizen Indonesia.

Simak Video “‘Supper Sandwiches & Burgers’: Sajian Simpel Bercita Rasa Luar Biasa
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *