Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Mudik Dilarang, Permintaan Hamper Kue Kering di Kulon Progo Melejit

  • Share
Mudik Dilarang, Permintaan Hamper Kue Kering di Kulon Progo Melejit


Kulon Progo

Kebijakan pemerintah melarang mudik tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para pembuat hamper lebaran. Di Kulon Progo, permintaan hamper untuk perayaan Idul Fitri naik signifikan.

“Ya Alhamdulillah tahun ini permintaan naik cukup tinggi, karena banyak yang tidak mudik kan jadi pesan hamper untuk dikirim ke keluarga di kampung,” ujar Kalis Tiara, salah satu pemilik usaha pembuatan hampers dan bingkisan lebaran di Wates, Kulon Progo, Kamis (29/4/2021).

Tiara sapaan akrabnya, tidak menyebut angka pasti kenaikkan permintaan hamper. Namun dia pastikan jumlahnya meningkat dan optimistis terus naik hingga hari H lebaran atau sekitar dua pekan lagi.

Mudik Dilarang, Permintaan Hampers Kue Kering di Kulon Progo Melejit Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

“Kalau angkanya pastinya kurang tau ya, tapi yang pasti pesanan bisa meningkat drastis, paling tidak bisa sampai 100 paket hamper,” ujar perempuan yang sudah empat tahun memproduksi kue dan hamper tersebut.

Tiara menjual hamper dengan harga paling murah Rp250.000 berisi berisi tiga stoples kue. Adapun untuk harga termahal berkisar Rp450.000, berisi lima stoples kue. Hamper dipercantik dengan ornamen unik seperti bunga dan ketupat plastik.

Mudik Dilarang, Permintaan Hampers Kue Kering di Kulon Progo MelejitMudik Dilarang, Permintaan Hampers Kue Kering di Kulon Progo Melejit Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Adapun kue yang jadi pengisi hamper itu diproduksi sendiri oleh Tiara dibantu sejumlah karyawannya. Kue itu meliputi kastengel, putri salju, putri salju rasa teh hijau, dan red velvet, serta kue kacang. Harga kue dipatok mulai Rp55.000 sampai dengan Rp75.000.

“Produksinya mulai Maret kemarin, dan sejak pertengahan April mulai banyak pesanan dari minimarket-minimarket di DIY. Ada juga yang perseorangan, rata-rata dari DIY, tapi beberapa kali juga ada yang dari Jakarta, Surabaya hingga Malang,” ujar Tiara.

Mudik Dilarang, Permintaan Hampers Kue Kering di Kulon Progo MelejitMudik Dilarang, Permintaan Hampers Kue Kering di Kulon Progo Melejit Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Sementara itu salah satu konsumen hamper produksi Tiara, Desti Puji Lestari, 29, mengaku sudah sering memesan hamper di sini karena kualitasnya terbilang baik sesuai dengan harga yang dipatok.

“Sudah sering sih, apalagi kalau mau lebaran gitu pasti beli hamper di sini, untuk kemudian ngirim buat kerabat di luar Kulon Progo,” ujar perempuan asal Temon, Kulon Progo ini.

(adr/adr)




Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *