Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Menkumham Siapkan Santunan Rp30 Juta untuk Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang : Okezone Nasional

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 09 08 337 2468273 menkumham-siapkan-santunan-rp30-juta-untuk-keluarga-korban-kebakaran-lapas-tangerang-DjXXyrwe2g.jpg

JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonganan Laoly berjanji bakal memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal akibat insiden kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten. Diketahui, sebanyak 41 warga binaan yang berada di Blok C2 menjadi korban tewas kebakaran di Lapas Tangerang.

“Atas nama jajaran Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, saya meminta maaf kepada keluarga korban dan masyarakat Indonesia atas bencana kebakaran yang terjadi,” kata Yasonna melalui keterangan resminya, Rabu (8/9/2021).

Baca juga:  Hasil Olah TKP, Sumber Api Kebakaran Lapas Tangerang dari Atas Plafon

“Di samping itu, sebagai sebagian perwujudan duka, kami akan memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada keluarga dari masing-masing korban yang meninggal dunia dalam musibah ini,” imbuhnya.

Yasonna mewakili kementeriannya menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap keluarga korban tewas akibat kebakaran di Lapas Tangerang. Politikus PDI-Perjuangan tersebut mengaku sudah mengunjungi Lapas Kelas I Tangerang dan langsung berkoordinasi dengan jajarannya untuk membantu keluarga korban tewas.

Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang: Polisi Periksa 20 Saksi, di Antaranya Penghuni Blok C2 & Penjaga

“Sekali lagi saya sampaikan, ini musibah berat yang sama-sama tidak kita inginkan. Saya tadi sudah meninjau dan melihat langsung ke lokasi untuk mengkoordinasikan semua hal terbaik yang bisa kita lakukan demi mengurangi penderitaan akibat peristiwa ini,” ujarnya.

Selain santunan, Yasonna juga menginstruksikan jajarannya untuk membantu pemulasaran jenazahpara korban sampai selesai. Ia juga memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim dalam penanganan musibah ini.

“Kami telah membentuk lima tim untuk menangani kejadian ini, salah satunya tim yang khusus membantu pemulasaran, pemakaman, dan pengantaran jenazah. Kami akan membantu pemulasaran jenazah sampai selesai. Tentu proses ini akan berlangsung setelah identifikasi korban yang dilakukan Inafis Mabes Polri selesai,” beber Yasonna.

“Khusus untuk warga binaan yang menderita luka, semuanya sudah ditangani di rumah sakit dan kami pastikan untuk mendapat pengobatan sebaik mungkin,” sambungnya.

Sekadar informasi, kebakaran hebat melanda Lapas Kelas I Tangerang, sekira pukul 01.50 WIB, dini hari tadi. Sebanyak 41 orang menjadi korban tewas akibat kebakaran tersebut. Diduga, kebakaran berawal dari hubungan arus pendek di Blok C2 Lapas Tangerang.

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *