Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Menikmati Bali Karana Kintamanis Sambil Belajar Kopi di Seniman Coffee

  • Share
Menikmati Bali Karana Kintamanis Sambil Belajar Kopi di Seniman Coffee



Ubud

Pencinta kopi wajib mampir ke Seniman Coffee di Ubud, Bali. Di sini kamu bisa mencicipi beragam jenis kopi lokal Indonesia, sekaligus belajar soal kopi langsung dari barista.

Coffee shop atau kedai kopi kini banyak bertebaran di penjuru Bali, termasuk di Ubud. Salah satu yang paling banyak direkomendasikan sejak dulu adalah Seniman Coffee yang berlokasi di Jalan Sriwedari Nomor 5.

Lokasinya agak ngumpet masuk ke dalam gang, namun coffee shop ini tak pernah sepi peminat dari pagi hingga malam. Di Seniman Coffee, pengunjung bisa menikmati kopi dan rangkaian menu sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Seniman Coffee berdiri tahun 2010. Tokoh yang merintisnya adalah David Sullivan dan Rodney Glick. Keduanya sangat serius mengembangkan kopi lokal Indonesia, bahkan memanggang biji kopi sendiri di roastery yang letaknya berseberangan dengan lokasi coffee shop.

Menawarkan ragam biji kopi Indonesia

Menikmati Bali Karana Kintamanis Sambil Belajar Kopi di Seniman Coffee Foto: detikfood

Menyebut diri sebagai ’boutique coffee roastery’, Seniman Coffee memanggang sendiri semua biji kopi yang dijual online maupun offline. Mereka bahkan memasok biji kopi ini ke banyak kafe, restoran, jaringan hotel butik, sampai distributor kopi domestik.

Pilihannya antara lain kopi Bali, Papua Wamena, Jawa Barat, Sumatera Aceh Gayo, Flores, hingga Sulawesi Toraja. Biji kopi Indonesia ini juga bisa dibeli online via marketplace dalam kemasan 250 gram. Harganya mulai dari Rp121.000.

Mampir ke gerainya di Ubud, detikfood bersama tim roadtrip Hyundai Ioniq Electric Car sempatkan cicip kopi lokal di sini. Kami memilih kopi yang aroma dan rasanya ringan, Bali Karana Kintamanis.

Baca Juga: Seniman Coffee Studio : Kopi Lokal dan Creme Brule Berjodoh di Sini

Belajar kopi dari barista

Menikmati Bali Karana Kintamanis Sambil Belajar Kopi di Seniman CoffeeMenikmati Bali Karana Kintamanis Sambil Belajar Kopi di Seniman Coffee Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Setiap barista di Seniman Coffee akan dengan senang hati menjelaskan seluk-beluk soal kopi, termasuk kopi pesanan pengunjung. Mereka adalah barista profesional yang terlatih dan berpengalaman.

Beli Kadek, barista yang melayani kami, menjelaskan apa itu Bali Karana Kintamanis. Biji kopi ini diproses dengan metode natural saat pasca panennya. “Kan ada yang natural, washed, sama honey. Natural itu dari biji buah kopi yang merah, langsung dijempur sama kulit luarnya. Kalau yang wash, dikupas dulu. Kalau yang honey, itu kulit luarnya dikupas, ada getahnya itu kita fermentasi dulu,” kata Beli Kadek.

Ia menjelaskan kalau proses natural menghasilkan kopi yang aroma dan rasanya lebih seperti buah (fruity). “Kalau yang honey dia lebih lembut dan balance rasanya. Kalau yang wash, dia lebih seperti jeruk (citrus),” jelas barista ramah ini.





Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *