Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Mau Dapat BPUM 2021 Rp1,2 Juta? Ayo Cek di eform.bri.co.id

  • Share
Cek ATM! Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu di DKI Cair Besok

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyebutkan saat ini masyarakat sudah dapat melakukan pengecekan apakah terdaftar menjadi penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan BRI akan menyalurkan BPUM tersebut sesuai dengan data yang diterima dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Terkait dengan layanan pengecekan Penerima BPUM 2021, masyarakat agar mengakses terlebih dahulu website https://eform.bri.co.id/bpum untuk mengetahui apakah masyarakat memperoleh bantuan tersebut atau tidak,” kata Aestika kepada CNBC Indonesia, Sabtu (3/4/2021).


Cara pengecekannya, setelah mengakses eform BRI, selanjutnya masyarakat bisa memasukkan nomor e-KTP (NIK) dan mengisi kode verifikasi serta melanjutkan proses inquiry untuk mengetahui hasilnya.

Apabila bukan termasuk penerima BPUM akan muncul notifikasi “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”.

“Apabila tercatat mendapatkan BPUM, maka selanjutnya dapat segera menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk waktu/jadwal pencairan, karena pencairan dilakukan secara bertahap, sesuai tanggal yang diberikan oleh BRI dan penerima BPUM bisa datang dengan membawa identitas diri,” kata dia.

Pemerintah kembali akan memberikan bantuan kepada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di tahun ini. Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM akan mulai disalurkan pada Maret 2021.

BLT UMKM tahun ini nilainya sebesar Rp 1,2 juta, lebih kecil dari tahun sebelumnya senilai Rp 4,2 juta.

BLT UMKM tahun ini hanya diberikan kepada 9,8 juta pengusaha UMKM yang terdampak Covid-19. Namun demikian jumlah ini belum pasti karena masih ada kemungkinan bertambah.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *