Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Losers & Gainers! Saham Baru IPO Terbang, Bank Mini Tumbang

  • Share
Losers & Gainers! Saham Baru IPO Terbang, Bank Mini Tumbang

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup perdagangan pekan yang pendek ini dengan depresiasi parah 3,06%. Amblesnya IHSG terjadi akibat buruknya sentimen yang datang baik dari dalam maupun luar negeri. Buruknya kinerja pekan ini melanjutkan depresiasi IHSG dari 2 pekan sebelumnya.

Meskipun IHSG terkoreksi parah beberapa saham justru melesat kencang pekan ini. Berikut saham-saham yang terbang pekan ini.


Data perdagangan mencatat apresiasi pekan ini dipimpin oleh 2 saham yang baru saja melantai di bursa saham yakni PT Sunter Lakeside Hotel Tbk (SNLK) yang terbang 126,67% dan PT Zyrexindo Mandiri Buanga (ZYRX) yang terbang 94,40%.

Saham-saham yang baru saja melantai di BEI memang seringkali melesat kencang karena saham perusahaan ini belum terdistribusi dengan baik sehingga hanya segelintir investor yang memegang saham ini dan rawan terjadi aksicorneringalias aksi goreng saham dimana pemegang mayoritas saham yang beredar dapat menggerakan saham dengan mudah ke arah tertentu.

Bak bumi dan langit dengan saham-saham di atas, beberapa saham terkoreksi parah hingga menyentuh level ARB selama beberapa hari berturut-turut, berikut saham dengan koreksi terparah pekan ini.

Tercatat koreksi pekan ini mayoritas dibukukan oleh saham-saham perbankan mini dimana 4 diantara 5 saham dengan koreksi terparah adalah saham-saham perbankan kecil.

Koreksi perbankan mini yang ambruk ke level ARB selama beberapa hari beruntun terjadi setelah bulan lalu sahamnya melesat kencang akibat spekulasi para investor bahwa akan ada yang mengakuisisi perbankan mini ini akibat dari POJK mengenai konsolidasi perbankan dimana bank mini harus memiliki modal inti di atas Rp 2 triliun tahun ini atau akan didegradasi menjadi BPR.

Setelah bank-bank mini tersebut mengatakan bahwa tidak ada korporasi besar yang akan menyuntikkan modal, kompak harga bank-bank mini tersebut ambruk selama beberapa hari beruntun.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *