Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Joseph Estrada Terinfeksi Covid-19, Dipasang Ventilator

  • Share
Joseph Estrada Terinfeksi Covid-19, Dipasang Ventilator

Jakarta, CNBC Indonesia – Mantan Presiden Filipina Joseph Estrada (83) dikabarkan terinfeksi corona (Covid-19). Ia bahkan dipasangi ventilator untuk membantunya bernafas.

Estrada sudah menjalani perawatan selama seminggu sejak dinyatakan positif. Situasinya juga sempat dinyatakan membaik.


Namun menurut putranya yang juga anggota parlemen Filipina, Jinggoy Estrada, kondisi ayahnya mengalami kemunduran sejak Senin. “Dokter memutuskan memasang ventilator untuk meningkatkan pengiriman oksigen serta mencegah kelelahan pada mekanisme pernapasan,” ujarnya dikutip Associated Press (AP), Rabu (6/4/2021).

Putranya yang lain, JV Ejercito juga meminta doa atas kesembuhan sang ayah. “Covid tak dapat diprediksi,” katanya lagi.

Joseph Estrada adalah tokoh paling terkenal di Filipina yang terinfeksi Covid-19. Ia awalnya merupakan bintang film laga dan menjadi presiden tahun 1998.

Tetapi masa jabatannya kala itu, harus berakhir lebih cepat dari ketentuan yang ada enam tahun. Ini karena sejumlah tuduhan penjarahan yang membuatnya digulingkan tahun 2001 melalui protes besar-besaran.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana (72) juga menyatakan terinfeksi corona Selasa. Filipina saat ini kembali mengalami kenaikan kasus corona dan membuat Presiden Rodrigo Duterte mengunci (lockdown) kota Manila dan empat provinsi.

Filipina melaporkan lebih dari 812.000 kasus Covid-19 dengan 13.817 kematian. Jumlah ini merupakan yang terbesar kedua di kawasan Asia Tenggara setelah RI.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *