Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Erick Thohir Bangga Nasabah Mekaar Lebih Banyak dari Grameen Bank : Okezone Economy

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 09 09 320 2468712 erick-thohir-bangga-nasabah-mekaar-lebih-banyak-dari-grameen-bank-B6bPWICQji.jpg

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir bangga capaian program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang dilaksanakan PT PNM (Persero). Jumlah nasabah Mekaar pun mencapai 10,8 juta.

Jumlah nasabah tersebut tercatat lebih banyak dibandingkan nasabah milik entitas perbankan asal Banglades, Grameen Bank yakni 9,1 juta.

Baca Juga: Jokowi Pamer Kemudahan Izin Usaha di Depan 100 Ekonom

Pemegang saham mencatat, dalam 1,5 tahun terakhir jumlah nasabah mekaar bertambah sebanyak 5,2 juta. Jumlah itu naik signifikan bila dibandinhkan dengan data nasabah dalam kurun waktu 3-4 tahun belakangan yang berada di kisaran 5,8 juta.

“Jadi sekarang nasabah Mekaar itu 10,8 juta dibandingkan Grameen Bank yang 9,1 juta, sekarang kita lebih besar,” ujar Erick, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Serap Banyak Pekerja, Erick Thohir Target Nasabah Mekaar hingga 20 Juta Orang

Erick pun meyakini jumlah nasabah Mekaar mampu menyerap banyak tenaga kerja baru. Dia mengumpamakan, jika 1 nasabah menyerap satu tenaga kerja, maka akan ada 5,2 juta tenaga kerja yang berasal dari 10,8 juta nasabah.

“Ini membanggakan kita semua, tentu, umpama dari data-data yang kita lihat kalau satu ibu-ibu atau satu nasabah mempekerjakan satu pegawai, kita sudah membantu membuka 5,2 juta lapangan kerja,” katanya.

Ke depannya, pemegang saham menargetkan perseroan mampu menambah jumlah nasabah hingga 20 juta orang.

PNM Mekaar merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usahanya.

Kementerian BUMN juga memastikan setiap program perusahaan pelat merah harus mampu menyerap tenaga kerja baru. Sejumlah skema pun ditempuh, salah satunya menggandeng pelaku UMKM.

BUMN tidak bisa berdiri sendiri untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Karenanya, perseroan harus menempuh jalur kerja dengan pihak lain melalui penawaran program yang berdampak langsung bagi penyerapan tenaga kerja baru.

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *