Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Daftar Kalori 5 Olahan Daging Idul Adha, dari Sate hingga Gulai

  • Share
Daftar Kalori 5 Olahan Daging Idul Adha, dari Sate hingga Gulai



Jakarta

Olahan daging Idul Adha kebanyakan tinggi kalori. Ketahui dahulu nilai kalori masing-masing olahan agar asupan harian kamu tak berlebih.

Menu saat perayaan Idul Adha selalu berkaitan dengan daging. Kandungan protein daging yang tinggi ternyata juga diimbangi dengan lemak yang tersimpan di dalamnya.

Kandungan lemak yang ada pada daging ini sangat memengaruhi simpanan kalori dalam daging. Terlebih jika diolah bersama beberapa bahan tambahan, mungkin saja kalori dalam daging dapat bertambah. Sebelum mengonsumsi daging perlu diingat-ingat bahwa kalori harian yang direkomendasikan hanya sekitar 2.000 kalori bagi wanita dewasa dan 2.500 kalori pada pria dewasa.

Penambahan bahan seperti santan kental, bumbu kacang, dan bahan lainnya sangat berpengaruh pada kalori total dalam setiap olahan daging. Sebelum mengonsumsi daging sebaiknya perhatikan kandungan kalorinya agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan batas aman kalori tubuh.

Berikut ini daftar kalori 5 olahan daging Idul Adha yang telah dirangkum melalui berbagai sumber:

Foto: iStock

1. Sate

Salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging yang ditusukkan pada sebilah bambu ini memang sangat lezat. Sate yang identik dengan budaya kuliner Indonesia bahkan menjadi salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Sate biasanya terbuat dari daging ayam, kambing maupun sapi. Ternyata sate memiliki kadar kalori yang perlu diperhatikan.

Dalam seporsi sate ayam berisi 10 tusuk dengan lontong dan bumbu kacang atau kecap dikatakan mengandung kalori sebesar 681 kalori. Sedangkan pada 10 tusuk sate kambing dengan bumbu kacang mengandung 413 hingga 453 kalori, belum termasuk lontong. Sedangkan pada sate sapi kalorinya bisa mencapai 348 hingga 418 kalori.

Baca juga: 4 Tips Makan Sehat Saat Idul Adha Agar Kolesterol Tidak Naik





Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *