Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Curhat Bos Bukopin Soal Alasan Jadi Bank Digital

  • Share
Curhat Bos Bukopin Soal Alasan Jadi Bank Digital

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) menegaskan beberapa alasan menjadi bank digital, salah satunya adalah besarnya pangsa pasar UMKM yang dimilikinya.

“Transformasi ke dalam digital untuk UMKM sekitar 8 juta. Di sisi lain, pandemi mengubah perilaku masyarakat. Ini mengharap suatu perubahan luar biasa digital channel menjadi pilihan,” ujar Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono dalam VIP Forum “Membongkar Ekspansi Bank Digital dan Neo Bank di Indonesia” di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Dengan besarnya jumlah UMKM tersebut, KB Bukopin mau tak mau harus beradaptasi untuk masa yang akan datang. Hal ini setidaknya perubahan pada operasional perbankan, termasuk di dalamnya KB Bukopin.


“Di dalam transformasi ini KB Bukopin akan ada beberapa persiapan, platform yang langsung dari KB Koomin,” katanya.

Melalui digital UMKM hingga pendekatan yang berbeda. Pendekatan yang dimaksud adalah yang awalnya berpusat pada produk kini beralih ke nasabah. “Melakukan pelayanan berbeda. End to end juga dengan digital platform,” tegasnya.

KB Bukopin juga mempersiapkan simplifikasi melalui beberapa hal seperti yang sudah pernah di lakukan di negara ASEAN lain. Misalnya Kamboja dan Vietnam.

“Beberapa yang kita siapkan terutama sekarang sudah muncul layanan digital on boarding terhadap UMKM otomatis cepat kemudian person to person, payment akan dimasukkan digital endgagement,” tuturnya.

Terakhir dia mengatakan, perubahan aktivitas transaksi ini mau tidak mau akan berdampak kepada loyalitas nasabah. Menurutnya, berdasarkan hasil survei, sebanyak 35% pengguna bank digital akan tetap loyal kepada bank tersebut.

“Ini yang diharapkan kita bisa melakukan transformasi ini konversi ini dan perubahan di core ini yang akan diselesaikan di 2023,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)


Sumber CNBC

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *