Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Cukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar Manis

  • Share
Cukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar Manis


Yogyakarta

Es campur selalu menggoda untuk berbuka puasa. Apalagi es jaipong Kotabaru. Dingin, manis segarnya tampil dalam warna-warni menarik. Sluurp!

Es Jaipong ini merupakan salah satu es campur yang paling kondang di Jogjakarta. Dengan gerobak sederhana mangkal di Jl. I Dewa Nyoman Oka atau berada di sekitara Gereja Kotabaru.

Konon, es jaipong merupakan minuman yang berasal dari Jawa Barat. Hal ini merujuk pada nama Jaipong yang merupakan salah satu jenis tarian yang ada di tanah pasundan. Di Yogjakarta pun para penjual banyak yang berasal dari Jawa Barat.

Cukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar Manis Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Di sini, kamu bisa menikmati satu gelas es jaipong seharga 5000 rupiah saja. Es jaipong yang dijual di sini memang ramai karena tampilannya cukup menarik dan isinya juga berwarna-warni sehingga mencolok sekali bagi yang melihatnya. Belum lagi cara penyajiannya di mangkok putih, sekilas seperti bubur yang kuahnya berwarna kecokelatan mirip kolak.

Untuk isian es jaipong cukup banyak. Ada tape singkong, cincau, bubur mutiara, jenang hijau, santan, saus gula aren dan gula Jawa. Makanya tampilannya sangat meriah dalam mangkok.

Cukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar ManisCukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar Manis Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Karena isiannya banyak, rasanya cukup unik meskipun didominasi rasa manis. Ada lembut legit tapai singkong yang berpadu dengan kenyalnya biji mutiara dan cincau.

Kuah santan kelapanya juga terasa gurih dan tidak terlalu kental sehingga semua rasa tersebut tercampur dan menyatu dengan kesegaran es batu di dalamnya.

Cukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar ManisCukup Rp 5 Ribu Bisa Berbuka dengan Es Jaipong yang Segar Manis Foto: Ajie Prasetya/detikcom

Yang unik adalah jenang hijau yang merupakan campuran tepung hunkwe, garam, dan daun pandan. Rasanya kenyal gurih dan jadi penyeimbang rasa yang dominan manis. Meskipun sirop gulanya manisnya ringan, tidak terlalu pekat.

Perpaduan antara beragam rasa tersebut sangat menyegarkan tenggorokan dan mampu menghilangkan dahaga selama seharian berpuasa. Jika kamu berminat datang, kamu bisa mengunjungi tempat ini mulai dari siang hari. Bisa diminum di tempat saat berbuka sambil menikmati semilir angin dari celah pepohonan.

(adr/odi)




Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *