Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana di Rumah

  • Share
Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana di Rumah


Jakarta

Kopi cold brew saat ini banyak digemari. Cara membuat kopi cold brew juga bisa dilakukan di rumah dengan langkah sederhana. Simak tipsnya berikut ini!

Kopi cold brew adalah kopi yang berasal dari teknik menyeduh bubuk kopi hitam dengan air dingin (air suhu ruangan). Lama menyeduhnya kurang lebih 12-24 jam untuk menghasilkan air kopi yang pekat dan rasanya nikmat.

Jenis kopi ini sedang populer di kalangan pecinta kopi. Banyak ditemui di berbagai coffee shop. Kalau ingin membuatnya sendiri juga bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Cara membuat kopi cold brew sederhana Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: 5 Aksi Protes Pedagang Makanan saat PPKM Darurat ini Bikin Netizen Iba

Dilansir dari Insider (10/7), ada beberapa alat dan bahan yang kamu perlukan untuk membuat kopi cold brew. Seperti biji kopi, penggilingan kopi (grinder), tempat seduh, dan filter kopi. Kalau kamu tidak memiliki penggilingan kopi, cukup membeli biji kopi dan minta langsung digilingkan di toko.

Untuk cold brew, kamu bisa menggunakan segala jenis biji kopi, seperti arabika atau robusta. Pilih kopi favoritmu dan pastikan masih segar sehingga rasanya nikmat.

Saat menggiling kopi, pastikan teksturnya masih kasar. Penggilingan kasar mengurangi endapan dan mempersingkat waktu untuk menyaring ampas kopi.

Kopi cold brew juga memerlukan penyaringan. Kamu bisa menggunakan filter kopi berbahan kain ataupun kertas. Namun, kalau kamu tidak memiliki filter kopi bisa menggantinya dengan kain bersih.

Cara membuat kopi cold brew sederhanaCara membuat kopi cold brew sederhana Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam

Setelah mengetahui jenis kopi hingga filter kopi yang dapat digunakan, berikut cara membuat kopi cold brew yang sederhana.

1. Siapkan kopi hitam bubuk kasar dan masukkan ke dalam wadah. Bisa berupa teko atau stoples yang berbahan kaca lebih dianjurkan.

2. Tambahkan air dingin atau air dengan suhu ruangan. Aduk kopi bubuk dan air sampai merata. Setelah itu, simpan selama 12 hingga 24 jam dalam kulkas atau pada suhu kamar.

Cara membuat kopi cold brew sederhanaCara membuat kopi cold brew sederhana Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Saat akan menikmati kopi, saring seduhan kopi cold brew dengan filter kopi ke dalam cangkir atau gelas.

4. Sajikan kopi cold brew ini dengan tambahan sedikit air, jika suka. Bisa juga kamu tambahkan es batu ataupun susu. Perbandingan kopi cold brew dengan susu atau air direkomendasikan rasio 1:1.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Naikkan Kadar Oksigen Tubuh

Simak Video “Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *