Menu
Suara Masyarakat Indonesia

BPOM: KIPI Vaksin AstraZaneca Relatif Kecil, 1 Berbanding 1 Juta : Okezone Lifestyle

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 07 14 481 2440781 bpom-kipi-vaksin-astrazaneca-relatif-kecil-1-berbanding-1-juta-OSp0VftOdf.jpg

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan terkait kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) Vaksin AstraZeneca. Ia mengatakan sejauh ini vaksin covid-19 produksi AstraZeneca sudah mulai diberikan kepada masyarakat Indonesia.

“Tentunya kami mengikuti berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, dan yang terkait dengan KIPI, tentunya ini yang akan dikoordinasikan dengan Komnas (KIPI),” kata Penny dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan BPOM dan Kemenkes secara virtual, seperti dikutip dari siaran kanal YouTube DPR RI, Rabu 14 Juli 2021.

Baca juga: Daftar 6 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia Beserta Dosis dan Cara Pemberiannya 

Ia melanjutkan, apabila KIPI itu dikaitkan dengan analisis pengkajian, maka akan dilakukan pengkajian kembali terhadap produk tersebut.

“Apakah perlu untuk menarik suatu produk vaksin? Saya kira dengan hasil yang ada sampai dengan saat ini (KIPI) Astrazaneca sangat jarang,” terangnya.

Baca juga: Mungkinkah Dapat Vaksin Covid-19 Merek Berbeda Jika Terpapar Setelah Divaksin? 

Penny melanjutkan, persentase jumlah KIPI Vaksin AstraZaneca hingga kini terbilang kecil, yakni sekira 1 berbanding 1 juta. Sementara manfaatnya untuk melindungi dari wabah covid-19 lebih banyak.

“Manfaatnya masih dianggap besar dibandingkan risiko dalam penggunaan vaksin lainnya,” pungkas dia.

(han)

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *