Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Anti Bosan, Ajak Anak Berkreasi Membuat Masker Kain di Rumah Sendiri : Okezone Lifestyle

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 07 19 12 2442855 anti-bosan-ajak-anak-berkreasi-membuat-masker-kain-di-rumah-sendiri-L4loIoRcVe.jpg

Pada masa pandemi Covid-19, penggunaan masker merupakan salah satu cara untuk melindungi diri sendiri, orang yang kita sayangi, dan orang-orang yang berada di sekitar kita. Masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) wajib dikenakan saaat kita keluar rumah atau bahkan ketika di dalam rumah.

Sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus Corona, Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk memakai dua lapis masker. Pertama masker bedah di bagian dalam, dan kedua masker kain di luar. Tak hanya itu saja, Pemerintah juga sedang terus menggalakkan program vaksinasi Covid-19 guna tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Seperti kita ketahui bersama, segala aktivitas masyarakat memang sangat terbatas selama PPKM Darurat yang berlaku pada 3-20 Juli 2021 di wilayah Jawa dan Bali.

Terlalu lama berada di rumah memang bisa mengakibatkan kebosanan yang tak menentu. Tapi, Anda tak perlu khawatir, salah satu cara anti bosan #DiRumahAja yang bisa tetap Anda lakukan adalah dengan membuat kegiatan kerajinan tangan bersama orang tercinta, seperti membuat masker kain sendiri rumah.

 Nah, supaya koleksi masker kain Anda semakin beragam, ajaklah anak untuk melakukan kegiatan seru ini. Cara membuatnya juga sangat mudah, apalagi semua alat dan bahan bisa Anda beli dari para pelaku ekonomi kreatif lokal, lho. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Siapkan Bahan Kain

 

Foto( Instagram @Kaind.id)

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan jenis kain apa saja yang nanti akan digunakan. Cari bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Bahan katun dinilai sangat nyaman jika digunakan untuk bernapas dan memiliki tingkat efektivitas sebesar 69% dalam menangkap partikel virus. Sehingga aman dan nyaman dipakai juga untuk buah hati Anda. Selain itu, katun juga sangat mudah Anda dapatkan di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiAja.

Setelah menyiapkan bahan. Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan lainnya seperti ;

1. Jarum jahit

2. Jarum pentul, untuk menandai pola

3. Benang yang bisa disesuaikan dengan warna motif bahan

4. Gunting untuk memotong kain

5. Peniti atau penjepit kertas

6. Tali atau strap

2. Langkah Pembuatan Masker

 

Foto: By Freepik

Selanjutnya adalah langkah membuat masker yang bisa Anda ikuti sebagai berikut.

1. Dalam pembuatan masker tentu tetap perlu menerapkan protokol kesehatan ya. Pertama, cuci dan keringkan tangan terlebih dahulu.

2. Ukur panjang kain yang Anda miliki, gunting menjadi tiga bagian dengan panjang masing-masing kain sekitar 30 x 15 cm. (bedakan pola untuk bagian depan dan belakang supaya tidak tertukar)

3. Ambil kain, kemudian tumpuk tiga kain persegi panjang, jahit dengan benang pada bagian belakang kain menghadap ke depan lalu jahit setiap sisi lapisan hingga kain menyatu. Jangan lupa sisakan sedikit ruang pada sisi kanan dan kiri yang fungsinya untuk menyelipkan strap kain.

4. Buat pola lipatan dengan ukuran 1 cm, 2 cm, dan 1 cm. Setrika agar polanya terlihat lebih jelas. Sematkan juga jarum pentul pada tiap lipatannya.

5. Jahit di sisi kanan dan kiri dari polanya.

6. Selipikan tali pada tiap ujung sisi kain, tahan dengan peniti atau penjepit kertas agar tali tidak bergeser.

7. Jahit seluruh lapisan kain secara backstitch atau jahit berulang agar jahitan lebih kokoh di semua bagian masker kain siap digunakan. Selamat mencoba!

3. Strap Sebagai Aksesoris untuk Mempercantik Masker

 

Foto (Instargram @omahdelafemme)

Dunia fesyen memang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Begitu pula jenis masker dan aksesorisnya yang terus semakin banyak jenis dan ragamnya. Seperti penggunaan strap masker yang kini mulai menjadi tren. Strap masker mulai digunakan banyak orang, bahkan tak cuma wanita yang memakainya, para pria hingga anak-anak pun bisa menggunakannya karena bisa disesuaikan dengan outfit masing-masing.

Selain untuk memudahkan Anda dalam menggunakan masker, juga bisa mempercantik penampilan Anda. Ada banyak jenis strap masker seperti yang terbuat dari kain rajut, manik-manik, mutiara, rantai, dan masih banyak lagi. Strap masker juga sangat mudah Anda dapatkan di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiAja

4. Penggunaan Masker

 

Foto (Instargram @batikshio)

Sekadar informasi untuk Anda yang masih #DirumahAja bahwa ada tiga jenis masker yang kini direkomendasikan oleh Kemenkes RI yaitu masker kain, bedah, dan N95.

Jangan lupa penggunaan ‘double mask’ juga direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dengan tujuan supaya menutupi area wajah lebih ketat sehingga mengurangi transmisi sebesar 85-95%.

Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban mengatakan, jika penggunaan masker ganda dapat melindungi diri dari paparan Covid-19

“Jika ditanya apakah penggunaan masker ‘double’ melindungi tubuh dari paparan Covid-19 varian Delta, saya katakan secara logika melindungi. Tapi, yang penting maskernya berkualitas,” tegasnya.

Ia mengatakan, penggunaan ‘masker ‘double’ tidak akan memberi manfaat maksimal jika dipakainya asal-asalan, misalnya masker hanya menutupi bagian mulut, tetapi lubang hidung tetap terbuka bebas. Atau juga pakai masker di bawah dagu saja. Sehingga perlu Anda perhatikan ya, jika menggunakan masker double tentu harus digunakan dengan benar.

Nah, sudah terbukti bukan walaupun kini masih #DiRumahAja Anda bisa tetap berkreasi dan mengasah kreativitas diri sendiri dari cara mudah seperti membuat masker kain yang dijelaskan di atas. Bahan dan alatnya juga bisa dengan mudah Anda dapatkan di UMKM #BeliKreatifLokal secara online melalui e-commerce atau media sosial para pengrajin.

Jangan lupa juga untuk tetap perhatikan prokes 6M khususnya bagi Anda yang harus melakukan aktivitas di luar rumah, seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker dengan benar, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas.

Seperti disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kita harus tetap menebar optimisme, harapan, semangat, dan terus berikhtiar,” kata Sandiaga Uno.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk dapat memaksimalkan platform digital sebagai upaya untuk menekan lajunya peningkatan Covid-19 sambil tetap mendukung para pelaku ekonomi kreatif. Saat ini beragam produk hasil kreasi para pelaku ekraf tersedia secara online .

“Dari segi ekonomi kreatif, akan ada adaptasi. Karena tidak bisa langsung tatap muka dengan keluarga, bisa dikirim dengan produk-produk ekonomi kreatif yang dikirim dengan memaksimalkan platform digital. Sehingga pelaku ekonomi kreatif tetap bisa mendapatkan manfaat positif,” ujarnya.

 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Foto. Kemenparekraf)

Supaya kegiatan anak ini semakin seru, Anda bisa menunjukkan masker-masker cantik hasil kreasi selama #DiRumahAja dengan mengikuti Video Kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja.

Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik. Lengkapi video Anda dengan efek #DiIndonesiaAja dan backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Selanjutnya, upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar travelling dan hal insipiratif lainnya, Anda bisa follow akun Instagram @pesonaid_travel dan akun TikTok @indonesia.travel, jangan lupa pastikan akun TikTok Anda tidak di-private, ya! (CM)

(yao)

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *