Menu
Suara Masyarakat Indonesia

9 Daerah Masih PPKM Level 4, Dokter Reisa: Kami Yakin Bali Pasti Bisa : Okezone Nasional

  • Share
https: img.okezone.com content 2021 09 08 337 2468305 9-daerah-masih-ppkm-level-4-dokter-reisa-kami-yakin-bali-pasti-bisa-ObayNV2TSX.jpeg

JAKARTA – Juru bicara penanganan dan vaksinasi Covid-19 untuk pemerintah, dr Reisa Broto Asmoro menyoroti beberapa kabupaten/kota yang hingga kini masih berada dalam kategori PPKM level 4 yaitu Jawa Timur dan Provinsi Bali.

“Instruksi Mendagri no 39 tahun 2021, 7 September kemarin menyatakan bahwa tinggal kabupaten Ponorogo dan Magetan yang masih dalam kategori PPKM level 4 di Jawa Timur sedangkan seluruh 9 kabupaten dan kota di provinsi Bali juga masih dalam PPKM level 4,” ucap dr. Reisa dalam siaran pers PPKM disiarkan melalui akun Youtube, Rabu,(08/09/2021).

Ia menambahkan berdasarkan studi internasional menyatakan bahwa di Provinsi Bali tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid 19 terkait erat dengan persepsi norma sosial dan nilai nilai terkait kesehatan jasmani. Sehingga diperlukan berbagai upaya tambahan untuk memperkuat tingkat adaptasi masyarakat Bali terhadap kebiasaan baru yang akan membuat mereka produktif dan aman.

“Salah satunya dengan mengkaji kearifan leluhur. Seorang Kurator Museum Lontar Karangasem, Sugi Lanus, mengatakan berbagai lontar menunjukkan bukti bahwa para leluhur sangat tanggap dalam penanganan wabah di masa lalu termasuk dengan mengatur upacara yang kemungkinan membuat kerumunan dan seruan untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat,”paparnya.

Sehingga ia berpesan agar masyarakat terus gencar bergotong-royong baik dengan pimpinan dan aparat daerah lainnya untuk mencapai indikator yang baik dalam penurunan kasus Covid-19, menaikkan jumlah orang yang diperiksa dan jumlah orang yang dilacak serta angka kesembuhan.

“Kami yakin Bali pasti bisa,”imbuhnya

Pada kesempatan itu juga ia menjelaskan situasi pandemi di Jawa-Bali terus mengalami penurunan yang signifikan dimana Menko Marives, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan mayoritas kabupaten dan kota di Jawa Bali sudah turun dari level 4 ke level 3 dan 2 diantaranya adalah DIY Yogyakarta yang berhasil turun ke level 3 dan tinggal 11 kota/ kabupaten di Jawa-Bali yang masih berada di level 4.

Kota/kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Magetan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten

Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar.

(kha)

Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *