Menu
Suara Masyarakat Indonesia

7 Cara Kembalikan Nafsu Makan Setelah Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19

  • Share
7 Cara Kembalikan Nafsu Makan Setelah Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19



Jakarta

Infeksi Covid-19 memberikan gejala kehilangan indra penciuman dan perasa di lidah. Begini cara kembalikan nafsu makan setelah indra perasa hilang akibat Covid-19.

Covid-19 memang menyerang saluran pernapasan, namun beberapa pasien Covid-19 merasakan gejala berupa hilangnya kemampuan untuk mencium bau dan merasakan makanan. Jika mengalami gejala seperti ini biasanya penyintas akan kehilangan selera makan.

Mengikuti selera makan yang hilang dengan hanya sedikit makan justru berdampak buruk bagi penyintas Covid-19. Pasalnya nutrisi dari makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kembali pulih dan meningkatkan imunitas melawan coronavirus.

Para ahli punya beberapa langkah mudah untuk mengembalikan nafsu makan bagi para penyintas Covid-19 yang mengalami gejala kehilangan kemampuan untuk mencium bau maupun merasakan makanan. Mulai dari berkreasi dengan makanan hingga terus melatih lidah untuk kembali merasakan makanan yang dikonsumsi.

Berikut 7 cara kembalikan nafsu makan setelah indra perasa hilang akibat Covid-19, menurut MD Anderson Center (23/2):

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

1. Membuat Tampilan Makanan Menggugah Selera

Banyak yang mengatakan bahwa daya tarik makanan juga ditentukan oleh penampilannya. Ketika kehilangan indra penciuman dan perasa, memanfaatkan indra penglihatan bisa menjadi alternatif untuk mengakali nafsu makan yang menurun.

Tidak hanya dengan warna-warna bahan makanan, kamu juga bisa menggunakan peralatan makanan favorit serta menatanya sesuai dengan selera untuk meningkatkan nafsu makan. Menambahkan sedikit rempah untuk memberikan warna pada makanan secara alami juga tidak ada salahnya untuk membuat nafsu makan meningkat hanya dari pandangan mata.

2. Coba Makanan Asam

Mengonsumsi makanan dengan rasa asam untuk memancing produksi kelenjar air liur juga menjadi cara yang disarankan untuk meningkatkan nafsu makan. Walaupun lidah sedang tidak begitu baik untuk merasakan makanan, tetapi makanan dengan kadar asam yang tinggi akan ampuh memancing produksi air liur.

Hal ini sangat penting karena mulut yang kering adalah musuh dari makanan untuk dapat mengeluarkan rasanya. Salah satu caranya misalnya dengan minum jus lemon saat sebelum makan atau konsumsi camilan dengan mengunyahnya perlahan agar produksi air liur meningkat.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Atasi Gejala Pneumonia padaCOVID-19


Simak Video “Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi
[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *