Menu
Suara Masyarakat Indonesia

5 Tips Desain Menu Makanan Menarik dan Menggugah Selera

  • Share
5 Tips Desain Menu Makanan Menarik dan Menggugah Selera


Jakarta

Dalam industri usaha kuliner, menu makanan menjadi hal penting dan patut diperhatikan. Sebab, desain menu akan menjadi pertimbangan awal konsumen saat membeli makanan.

Menu yang ideal menawarkan keseimbangan antara hidangan unik, utama dan terfavorit. Menu yang bagus bukan hanya berisi daftar hidangan, namun juga menjadi media penjualan. Biar semakin menggugah selera pelanggan, berikut tips mendesain menu yang menarik untuk bisnis kuliner Anda dilansir dari thebalancesmb.

Lihat Kompetitor

Setiap bisnis tentu memiliki saingan, khususnya bisnis kuliner. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melihat kompetitor bisnis Anda. Sebelum membuat menu, luangkan sedikit waktu untuk mencari tahu yang mereka lakukan dengan menu mereka mulai dari harga, tema, masakan dan lainnya. Cari tahu juga kapan mereka menawarkan menu spesial. Lihat juga hal yang kurang dan perlu disempurnakan dari menu mereka. Kemudian, rancang menu Anda dengan menawarkan sesuatu yang tidak mereka miliki.

Simpel

Hindari godaan untuk menawarkan banyak pilihan hidangan. Pasalnya, hal ini hanya akan membanjiri pelanggan dengan banyak pilihan sehingga dapat membingungkan. Selain itu, pastikan juga menu mudah dibaca oleh pelanggan. Pasalnya, font yang sulit dibaca dan terlalu banyak teks dapat menyulitkan pelanggan untuk menentukan pilihan.

Terapkan Teori Psikologi

Penelitian menunjukkan bahwa pengunjung menunjukkan beberapa perilaku umum saat melihat menu. Jika Anda menempatkan hidangan utama termahal dan berkualitas di depan dan tengah, mereka akan meliriknya, lalu pandangannya akan langsung tertuju pada menu yang lebih mudah mereka beli. Untuk itu, Anda bisa letakkan item menu yang ingin ditonjolkan pada bagian ini.

Selain itu, pengunjung juga tidak terlalu cenderung untuk melihat bagian belakang menu, jadi pastikan Anda tidak meletakkan item menu andalan pada bagian ini. Tak hanya tata letak, warna juga jadi hal penting dalam mendesain menu. Pilih warna yang telah terbukti memiliki efek psikologis tertentu seperti kuning, merah dan lainnya.

Gunakan Kalimat Kreatif

Beberapa menu terkadang membutuhkan deskripsi, terutama jika menu tersebut jarang dikenal oleh pelanggan. Dalam hal ini, Anda perlu mendeskripsikannya secara singkat, mudah dan kreatif. Carilah berbagai referensi di internet dari menu yang hampir mirip dengan menu Anda. Namun, jika penulisan deskriptif sulit dilakukan, cobalah untuk menyewa copywriter profesional untuk membantu Anda.

Buat Inovasi

Inovasi jadi hal penting dalam bisnis kuliner, termasuk saat mendesain menu. Apalagi saat ini banyak bisnis kuliner yang hampir serupa. Agar menu Anda berbeda dari bisnis lainnya, cobalah untuk membuat inovasi pada desain menu mulai dari media yang digunakan, bentuknya hingga font dalam penulisan. Di tengah pandemi saat ini, Anda juga bisa buat inovasi menu touchless yang unik dan simple.

Selain itu, pastikan juga Anda selalu memperbarui menu setidaknya setahun sekali. Pastikan kembali harga berada di tempat yang seharusnya dan nilai item menu sehingga Anda dapat memperbaiki menu yang tidak laku.

Itulah kelima tips yang bisa Anda lakukan saat mendesain menu. Selain desain yang menarik, rupanya kreativitas pengusaha dalam membuat kreasi menu juga tak boleh dilupakan.

Nah, ingin tahu cara membuat menu yang sulit ditiru oleh pesaing? Jangan lewatkan program persembahan dari Kraft Heinz Food Service Institute yang sebentar lagi akan digelar.

Mengusung tema ‘Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru’, Anda bisa mendapatkan insight dari pengusaha sukses serta expert di bidang usaha kuliner untuk membantu menemukan inovasi menu baru yang sulit ditiru.

Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 melalui streaming di platform detikcom. Menarik sekali, bukan? Yuk, ikutan supaya bisnis kuliner yang dirintis bisa semakin berkembang.

Di webinar ini, akan ada juga peserta beruntung yang akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti eksklusif coaching session dari Ultra Indonesia, APCA dan ACP Indonesia serta mendapat tambahan modal senilai puluhan juta rupiah, lho. Jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.

(ega/ega)




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *