Menu
Suara Masyarakat Indonesia

5 Strategi Bangun Bisnis Kuliner Meski Punya Budget Tipis

  • Share
5 Strategi Bangun Bisnis Kuliner Meski Punya Budget Tipis


Jakarta

Ingin punya bisnis kuliner tapi budget terhimpit? Jangan dulu pesimis karena ada banyak cara yang dapat dilakukan agar bisnis tetap berjalan.

Meski modal kerap menjadi tantangan untuk terjun ke dunia bisnis, namun nyatanya masalah modal bisa diatasi. Apalagi di masa pandemi banyak peluang bisnis kuliner yang dapat dijalankan dengan modal tipis. Buat Anda yang mau bangun usaha di bidang kuliner namun budget yang dimiliki minim, simak dulu tips berikut seperti dikutip dari Forbes.

1. Buat Rencana Keuangan

Sebelum mulai berbisnis, ada baiknya Anda membuat anggaran serta proyeksi berdasarkan dana yang tersedia. Jangan lupa untuk membuat rencana kredit supaya tidak menjadi hambatan di kemudian hari.

Hal yang sama perlu Anda lakukan saat bisnis sudah mulai berjalan dan menghasilkan keuangan. Anda harus cermat mengelola uang masuk-keluar dengan benar. Usahakan juga untuk memisahkan antara rekening pribadi dan usaha. Jangan sampai disatukan karena akan membuat Anda sulit memonitor keuangan usaha.

2. Perbesar Secara Bertahap

Untuk membangun bisnis kuliner, tak perlu langsung membuat restoran yang besar. Anda bisa mulai dengan bisnis rumahan dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Baru kemudian Anda berupaya untuk memperbesar skala secara bertahap hingga nanti menjadi besar. Tak usah terburu-buru, gunakan waktu untuk terus belajar dan memahami bisnis yang ditekuni. Sebab usaha yang bermula dari model bisnis yang Anda kuasai punya peluang lebih besar untuk sukses.

3. Selalu Sedia Uang Tunai

Bagi pebisnis pemula, penting untuk mengingat istilah ‘cash is king’. Dalam hal ini, laba bersih lebih penting ketimbang pendapatan yang tinggi. Sebab apabila uang tunai menipis dan Anda kehabisan fasilitas utang, maka kondisi tersebut bisa mengancam kelangsungan bisnis. Oleh karena itu untuk menjadi sukses, Anda harus fokus pada kegiatan bernilai tinggi serta investasi yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis.

4. Manfaatkan Crowdfunding

Dulu untuk memulai usaha Anda perlu mengajukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti bank. Namun kini, tersedia ‘crowdfunding’ yang menjadi alternatif bagi para pebisnis pemula yang ingin meminjam modal usaha langsung kepada investor, tanpa perlu repot dengan syarat pinjaman di bank. Atau sederhananya, crowdfunding merupakan proses pengumpulan dana dari sejumlah besar orang untuk suatu proyek atau bisnis. Sebagai timbal baliknya, para investor akan mendapatkan bunga yang dibayarkan oleh peminjam.

5. Gunakan Penjualan untuk Mendanai Bisnis

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan uang hasil penjualan produk untuk mendanai kelangsungan bisnis. Apabila Anda membutuhkan dana terlebih dahulu untuk membuat produk, cobalah menawarkan diskon untuk pembelian pre-order.

Itulah tadi tips membangun bisnis dengan modal minim. Jadi, modal bukanlah hambatan untuk Anda terjun dan membuka usaha sendiri. Yang terpenting, harus punya keyakinan kuat dan menjalankan usaha jangan pernah setengah-setengah.

Buat Anda yang ingin mempelajari lebih jauh terkait kiat-kiat sukses menekuni bisnis kuliner, Anda bisa ikut webinar ‘Kembangkan Bisnis Kulinermu’ persembahan dari Kraft Heinz Food Service yang sebentar lagi akan digelar.

Di sini, Anda akan mendapatkan tips, saran dan strategi berbisnis dari para pakar kuliner ternama. Acara nantinya dapat disaksikan pada 29 Juli 2021 serta 5 Agustus 2021 lewat streaming di platform detikcom.

Di webinar ini, peserta beruntung juga akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.

Selain itu, ada tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.

Simak Video “Sate Taichan Sambal Terasi
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)




Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *