Menu
Suara Masyarakat Indonesia

5 Olahan Nasi Unik Mancanegara, Nasi Kotor hingga Kerak Nasi

  • Share
5 Olahan Nasi Unik Mancanegara, Nasi Kotor hingga Kerak Nasi



Jakarta

Olahan nasi unik ini tak hanya disajikan sebagai makanan, tapi sudah jadi bagian budaya kuliner. ada kerak nasi hingga nasi kotor yang enak.

Kalau di Indonesia, ada olahan nasi enak yang familiar. Seperti nasi liwet, nasi kuning hingga nasi uduk. Kalau di negara lain, hidangan nasinya tampil lebih unik dan berwarna.

Seperti di Vietnam contohnya, ada olahan nasi warna-warni yang cantik dikenal dengan nama Xoi ba Mau. Kemudian di wilayah Louisiana, ada makanan spesial yang disebut ‘Dirty Rice’ atau nasi kotor.

Berikut lima olahan nasi unik yang enak dari berbagai negara, dilansir dari CBC (28/04).

Baca Juga: Madinah Kota Tersehat di Dunia Punya 5 Makanan Enak

1. Tahdig

5 Olahan Nasi Unik Mancanegara, Nasi Kotor hingga Kerak Nasi Foto: CBC/Site News

Sekilas mirip seperti rengginang, olahan nasi unik yang satu ini asalnya dari Iran. Dikenal dengan nama Tahdig, yang merupakan kerak nasi. Bagian paling bawah panci nasi, diambil keraknya lalu dimakan seperti cemilan.

Agar rasanya lebih enak, Tahdig sering ditambahkan dengan potongan kentang, wortel, selada bahkan buah seperti cranberries. Jadi bagian atasnya mirip pizza.

Meski menunya sederhana, kerak nasi ini cukup digemari sebagai menu makan malam di Iran. Terutama anak-anak kecil di sana. Tak hanya rasanya yang enak, tekstur renyah dan garing dari kerak nasi membuat Tahdig jadi makanan yang unik.

2. Xoi ba Mau

5 Olahan Nasi Unik Mancanegara, Nasi Kotor hingga Kerak Nasi5 Olahan Nasi Unik Mancanegara, Nasi Kotor hingga Kerak Nasi Foto: CBC/Site News

Masih sama-sama di Asia Tenggara, Vietnam juga tak bisa lepas dari nasi seperti orang Indonesia. Varian nasi mereka tak kalah beragam, salah satunya Xoi ba Mau.

Kilasan warna-warni nasi kukus yang cantik seperti kue, ternyata berasal dari beras ketan. Xoi ba Mau tidak menggunakan pewarna makanan sama sekali. Karena semua warna cantiknya, didapatkan dari kacang mung atau buah gac.

Aromanya juga harum, membuat Xoi ba Mau jadi jajanan kaki lima dari nasi yang populer. Biasanya disajikan dengan susu kental manis, atau potongan buah. Teksturnya kenyal lembut dan pastinya legit.


Simak Video “Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning
[Gambas:Video 20detik]




Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *