Menu
Suara Masyarakat Indonesia

4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman

  • Share
4 Tips Mengembalikan Indra Penciuman Hilang Saat Isoman



Jakarta

Penyintas Covid-19 tanpa gejala biasanya disarankan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Jika alami kehilangan indra penciuman saat isoman, begini cara mengatasinya.

Meningkatnya kasus Covid-19 membuat banyak rumah sakit penuh hingga tidak bisa lagi menampung pasien. Sebagai alternatifnya kebijakan isolasi mandiri untuk para penyintas Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala diberlakukan.

Mereka dianggap masih bisa ditangani tanpa memerlukan peralatan khusus. Tetapi gejala seperti kehilangan indra penciuman seringkali membuat banyak pasien isoman merasa khawatir dan bingung untuk mengatasinya.

Ternyata mengatasi kehilangan indra penciuman saat isoman di rumah bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan bahan-bahan dan peralatan yang ada di rumah. Bumbu dapur dapat membantu para penyintas Covid-19 mengembalikan indra penciuman yang hilang.

Berikut ini 4 tips mengembalikan indra penciuman saat isoman menurut Healthline (8/6):

Mengembalikan Indra Penciuman Saat Isolasi Mandiri di Rumah Foto: iStock

1. Latihan Mencium Aroma

“Melatih indra penciuman menjadi pengobatan utama. Dalam proses melatih indra penciuman, penyintas harus mencoba memancing penciuman dengan empat macam jenis aroma yang bisa ditemukan di rumah, salah satunya essential oil. Pada setiap aromanya coba hirup selama 20 detik. Kemudian ulangi proses ini sebanyak tiga kali dalam sehari selama enam minggu atau hingga indra penciuman kembali sempurna,” kata Dr. Aaronson selaku ahli THT.

Tidak hanya dengan minyak esensial atau essential oil, beberapa bahan-bahan yang ada di dapur bisa digunakan untuk melatih indra penciuman. Pertama-tama pilih bahan-bahan yang memiliki aroma cukup menyengat.

Dr. Aaronson merekomendasikan untuk menggunakan kopi bubuk, buah yang asam, perisa kue seperti vanila essences atau bahkan eucalyptus yang ada pada kandungan minyak kayu putih. Pada setiap jenis bahan, coba untuk hirup dan hembuskan perlahan selama 20 detik.

Dr. Aaronson mengingatkan bahwa pada masa pemulihan ini penyintas mungkin saja akan mulai mencium bau-bau yang tidak sedap. Misalnya pada beberapa bahan tersebut justru tercium bau seperti karet terbakar atau sampah busuk. Tetapi jangan khawatir karena ini merupakan bagian dari tahap pemulihan yang akan berlangsung sementara saja.

Baca juga: 7 Cara Kembalikan Nafsu Makan Setelah Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19





Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *